Minggu, 02 Juni 2013

LAPORAN BIONDUSTRI SCALE UP: FUNGSI MEDIA FERMENTASI


Fungsi dari penambahan CaCO3 dalam komposisi media yang dipergunakan pada praktikum kali ini adalah sebagai buffer atau pengatur pH (derajat keasaman) sampai pH yang diinginkan. Buffer merupakan zat untuk mengendalikan atau menjaga pH medium. Biasanya pH medium dipertahankan sekitar pH 7 atau netral. Buffer lain yang dapat digunakan misalnya, garam pospat, protein, pepton, dan asam amino. Media fermentasi seperti CaCO3 juga dibutuhkan oleh mikroorganisme sebagai sumber nutrisi dan mineral untuk pertumbuhannya dalam memperoleh energi, pembentukan sel, dan biosintesis produk-produk metabolisme. Media fermentasi harus memenuhi semua persyaratan nutrisi mikroorganisme serta memenuhi tujuan teknis dari proses yang akan dilakukan. Nutrisi harus diformulasikan untuk mensintesis produk target, baik biomassa sel atau metabolit spesifik.
Penambahan bahan-bahan lain dalam fermentasi kali ini juga perlu dilakukan agar mampu mencukupi kebutuhan nutrien pada substrat (media) untuk tumbuh. Penambahan sumber karbon seperti glukosa dan mineral lain seperti NaCl salah satunya, dilakukan untuk menunjang pertumbuhan mikroorganisme sehingga dengan memberikan nutrisi dan mineral tambahan ketersediaan nutrien bagi mikroorganisme dapat terjamin yang membuat mikroorganisme dapat melakukan metabolismenya dengan baik dan dapat memproduksi produk dengan aktivitas terbaik. Selain itu, NaCl juga berfungsi sebagai media selektif atau media penghambat dalam menekan pertumbuhan mikroorganisme lain dan merangsang pertumbuhan mikroorganisme yang diinginkan (E. coli).
Glukosa (C6H12O6) merupakan gula paling sederhana digunakan sebagai sumber karbon yang mana merupakan unsur paling besar dalam medium fermentasi, melalui fermentasi glukosa akan menghasilkan etanol (2C2H5OH). Reaksi fermentasi ini dilakukan oleh ragi, dan digunakan pada produksi makanan. berdasar berat. Polypepton atau akumulasi pepton berfungsi sebagai sumber nitrogen, merupakan produk hidrolisis protein hewani atau nabati seperti otot, liver, darah, susu, casein, lactalbumin, gelatin dan kedelai. Komposisinya tergantung pada bahan asalnya dan bagaimana cara memperolehnya. Yeast extract berfungsi sebagai sumber nitrogen dan vitamin bagi mikroorganisme, terbuat dari ragi pengembang roti atau pembuat alkohol. Yeast extract mengandung asam amino yang lengkap dan vitamin B kompleks. Semua proses fermentasi, kecuali solid-substrat fermentasi, memerlukan sejumlah besar air karena air merupakan komponen utama dalam medium fermentasi digunakan sebagai pelarut alami. Untuk beberapa fermentasi, terutama tanaman dan kultur sel hewan, air yang digunakan harus sangat murni. Air deionisasi  atau deionized water adalah air yang telah dimurnikan dengan proses pertukaran ion, yang menghilangkan kedua ion positif dan negatif, ion positif seperti kalsium dan sodium, dan ion negatif seperti klorida dan bikarbonat, sehingga dengan demikian zat mineral anorganik dan bahan-bahan polutan lainnya dapat dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar