Minggu, 22 Desember 2013

Serat Sabut Kelapa Untuk Bahan Penguat Komposit Helm


Bidang Penerapan Invensi/ Inovasi

Bidang penerapan invensi atau inovasi yang dilakukan yaitu dalam bidang industri otomotif berupa helm sebagai alat pelindung diri (APD) untuk pengendara kendaraan roda dua. Inovasi yang dilakukan yaitu pemanfaatan serat sabut kelapa yang sangat potensial digunakan sebagai bahan penguat komposit berbahan alam (Natural Composit atau Naco) pada pembuatan helm. Dalam hal ini serat kelapa dipadukan dengan polyester yang akan mengurangi penggunaan bahan penguat sintetik pada helm.
Invensi serat sabut kelapa sebagai bahan penguat komposit untuk alat pelindung diri (APD) juga dapat diterapkan untuk pembuatan sabuk keselamatan (safety belt), sepatu pelindung (safety shoes), dan sarung tangan (hand gloves). Hal ini dikarenakan kekuatan tarik, regangan, dan modulus elastisitas dari komposit serat sabut kelapa-polyester lebih tinggi dan lebih kuat (Jamasri et al 2005). Dapat pula sebagai absorber tekanan untuk alat perlengkapan olahraga seperti pelindung lutut dan pelindung wajah.
Komposit serat alam seperti pemanfaatan serat sabut kelapa dengan polyester dapat mencapai sifat mekanik yang setara dengan komposit fiberglass. Sehingga selain untuk helm dan alat pelingdung diri lainnya, invensi dalam bidang otomotif dari pemanfaatan serat kelapa sebagai bahan penguat komposit adalah sebagai komponen panel interior mobil dan bahan komposit pembuat dashboard pada mobil.
Invensi dari serat kelapa sebagai bahan penguat komposit juga dapat diterapkan pada industri-industri mebel agar menghasilkan barang baru seperti meja, lemari, kursi yang ramah lingkungan dan meningkatkan nilai tambah ekonomi dan teknologi dari serat sabut kelapa.
Selain itu invensi dapat diterapkan pula dalam berbagai cabang rekayasa, khususnya dalam rekayasa sipil sebagai bahan konstruksi. Hal ini karena sifat mekanis komposit serat sabut kelapa dengan polyester yang dapat menahan perambatan retak, erosi material, dan modus pengikisan material (Junior 2010).

Daftar Pustaka

Jamasri, Diharjo K, dan Gunesti. 2005. Kajian Sifat Tarik Komposit Serat Buah Sawit Acak Bermatrik Polyester. Media Teknika No. 4 Tahun XXVII Edisi November 2005 No. ISSN 0216-3012. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Junior Santafe. 2010. Mechanical Properties of Tensile Tested Coir Fiber Reinforced Polyester Composites. Revista Material.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar